TUGAS 1 MANAJEMEN PEMASARAN

Halo Sobat UT, pada postingan sebelumnya saya share Tugas 2 Manajemen Strategik maka kali ini saya ingin berbagi tugas dari UT lagi yaitu Tugas 1 Manajemen Pemasaran. Mungkin sudah banyak yang menulis tentang tugas UT di internet tapi tak ada salahnya saya ingin berbagi. Siapa tahu dosenya sama jadi bagi sobat yang super duper sibuk dengan pekerjaan sehari-hari (seperti yang saya alami) bisa mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Dengan kata lain bisa dicicil sob. Namun kali ini saya hanya akan memposting jawabannya saja karena saya lupa ga mengkopi soal tugasnya hehehehe.....kalo ga salah soalnya cerita pemasaran oleh PT Dagadu. Maaf ya sob. Tapi ga ada salahnya saya posting... mungkin bisa membantu semua...

Manajemen Pemasaran
Oke langsung saja ini dia jawaban tugasnya. Silahkan diambil manfaatnya. Jangan disalah gunakan. Oke…


Jawab :

  1. Filosofi pemasaran yang diterapkan PT Dagadu adalah konsep pemasaran.
  2. Ya, PT Dagadu Djogja menerapkan konsep kepuasan konsumen yaitu dengan menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Dalam paragraf tiga disebutkan bahwa “selain melakukan inovasi sendiri, Dagadu juga sering menerima masukan dari pelanggan mereka. Dalam hal ini lebih kepada soal tema. Sebab itu, Dagadu selalu menampilkan tema-tema baru melalui kata-kata”. PT Dagadu menerima masukan dari pelanggan untuk memenuhi keinginan pelanggan membuktikan bahwa PT Dagadu mempunyai hubungan yang baik dengan konsumen.
  3. PT Dagadu dalam menawarkan produknya memperhatikan faktor lingkungan makro dan mikro. Faktor lingkungan makro yang paling berpengaruh yaitu lingkungan teknologi. Hal ini bisa dilihat dalam paragraf empat. Faktor lingkungan mikro yang berpengaruh yaitu pelangan. Hal ini bisa dilihat dalam paragraf tiga.
  4. PT Dagadu dalam menawarkan produknya memperhatikan kekuatan lingkungan dan faktor-faktor individual. Kekuatan lingkungan yang paling dominan yaitu keluarga. Dalam paragraf lima dikatakan bahwa “Bagi tamu yang datang bersama putra dan putrinya, suasana ini bisa memunculkan komunikasi antara orangtua dan anak-anak—para orangtua bernostalgia, menceritakan pengalaman masa kecil bersama ayah dan ibu mereka kepada anak-anaknya”. Hal ini menunjukkan bahwa PT Dagadu ingin dari keluarga lah produk-produk mereka akan laku dan tersebar. Faktor individual yang paling dominan yaitu faktor motivasi untuk mencari kepuasan. Hal ini terdapat dalam paragraf tiga.
  5. Segementasi pasar yang diterapkan PT Dagadu adalah sementasi demografis pribadi. Dalam paragraf lima disebutkan bahwa pelanggan PT Dagadu bukan hanya orang dewasa melainkan juga anak-anak. Dapat dikatakan bahwa segmentasi pasar dari PT Dagadu adalah berdasarkan umur.
  6. Strategi targeting yang digunakan PT Dagadu adalah differentiated marketing. PT Dagadu tidak hanya menawkan produknya berupa kaos. Mereka juga menawarkan mainan anak dan boneka.
  7. PT Dagadu melakukan positioning berdasarkan produk. Dalam paragraf terakhir disebutkan bahwa “Sejak awal kelahirannya, Dagadu telah memosisikan diri sebagai produk cendera mata alternatif dari Djokdja dengan mengusung tema utama “Everything about Djokdja”.Penyuguhan estetika keseharian yang sederhana, gagasan yang mudah dipahami, dan pemilihan citra kerajinan ketimbang pabrikan, baik material yang digunakan maupun unsur-unsur desain, membedakan produk ini dari cendera mata lain”. Dapat disimpulkan bahwa PT Dagadu menawarkan produk yang berbeda dengan cindera mata lainnya.
demikian sobat UT semoga membantu dalam mengerjakan tugas dan mendapatkan nilai yang terbaik...aamiiiiiiin......... :-)

0 Response to "TUGAS 1 MANAJEMEN PEMASARAN"

Post a Comment