Halo Sobat UT, pada postingan sebelumnya saya share Tugas 2 Manajemen Strategik maka kali ini saya ingin berbagi tugas dari UT lagi yaitu Tugas 1 Manajemen Pemasaran. Mungkin sudah banyak yang menulis tentang tugas UT di internet tapi tak ada salahnya saya ingin berbagi. Siapa tahu dosenya sama jadi bagi sobat yang super duper sibuk dengan pekerjaan sehari-hari (seperti yang saya alami) bisa mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Dengan kata lain bisa dicicil sob. Namun kali ini saya hanya akan memposting jawabannya saja karena saya lupa ga mengkopi soal tugasnya hehehehe.....kalo ga salah soalnya cerita pemasaran oleh PT Dagadu. Maaf ya sob. Tapi ga ada salahnya saya posting... mungkin bisa membantu semua...
Oke langsung saja ini dia jawaban tugasnya. Silahkan diambil manfaatnya. Jangan disalah gunakan. Oke…
Jawab :
- Filosofi pemasaran yang
diterapkan PT Dagadu adalah konsep pemasaran.
- Ya, PT Dagadu Djogja
menerapkan konsep kepuasan konsumen yaitu dengan menjaga hubungan baik
dengan para pelanggan. Dalam paragraf tiga disebutkan bahwa “selain melakukan inovasi sendiri,
Dagadu juga sering menerima masukan dari pelanggan mereka. Dalam hal ini
lebih kepada soal tema. Sebab itu, Dagadu selalu menampilkan tema-tema
baru melalui kata-kata”. PT Dagadu menerima masukan dari pelanggan untuk
memenuhi keinginan pelanggan membuktikan bahwa PT Dagadu mempunyai
hubungan yang baik dengan konsumen.
- PT Dagadu dalam menawarkan
produknya memperhatikan faktor lingkungan makro dan mikro. Faktor
lingkungan makro yang paling berpengaruh yaitu lingkungan teknologi. Hal
ini bisa dilihat dalam paragraf empat. Faktor lingkungan mikro yang
berpengaruh yaitu pelangan. Hal ini bisa dilihat dalam paragraf tiga.
- PT Dagadu dalam menawarkan
produknya memperhatikan kekuatan lingkungan dan faktor-faktor individual.
Kekuatan lingkungan yang paling dominan yaitu keluarga. Dalam paragraf
lima dikatakan bahwa “Bagi tamu yang datang bersama putra dan putrinya,
suasana ini bisa memunculkan komunikasi antara orangtua dan anak-anak—para
orangtua bernostalgia, menceritakan pengalaman masa kecil bersama ayah dan
ibu mereka kepada anak-anaknya”. Hal ini menunjukkan bahwa PT Dagadu ingin
dari keluarga lah produk-produk mereka akan laku dan tersebar. Faktor
individual yang paling dominan yaitu faktor motivasi untuk mencari
kepuasan. Hal ini terdapat dalam paragraf tiga.
- Segementasi pasar yang
diterapkan PT Dagadu adalah sementasi demografis pribadi. Dalam paragraf
lima disebutkan bahwa pelanggan PT Dagadu bukan hanya orang dewasa
melainkan juga anak-anak. Dapat dikatakan bahwa segmentasi pasar dari PT
Dagadu adalah berdasarkan umur.
- Strategi targeting yang
digunakan PT Dagadu adalah differentiated marketing. PT Dagadu tidak hanya
menawkan produknya berupa kaos. Mereka juga menawarkan mainan anak dan
boneka.
- PT Dagadu melakukan
positioning berdasarkan produk. Dalam paragraf terakhir disebutkan bahwa “Sejak awal kelahirannya, Dagadu
telah memosisikan diri sebagai produk cendera mata alternatif dari Djokdja
dengan mengusung tema utama “Everything about Djokdja”.Penyuguhan
estetika keseharian yang sederhana, gagasan yang mudah dipahami, dan
pemilihan citra kerajinan ketimbang pabrikan, baik material yang digunakan
maupun unsur-unsur desain, membedakan produk ini dari cendera mata lain”.
Dapat disimpulkan bahwa PT Dagadu menawarkan produk yang berbeda dengan
cindera mata lainnya.
demikian sobat UT semoga membantu dalam mengerjakan tugas dan mendapatkan nilai yang terbaik...aamiiiiiiin......... :-)
0 Response to "TUGAS 1 MANAJEMEN PEMASARAN"
Post a Comment