TUGAS 1 AUDIT MANAJEMEN

Halo Sobat UT, pada postingan sebelumnya saya share Tugas 1 Manajemen Resiko maka kali ini saya ingin berbagi tugas dari UT lagi yaitu Tugas 1 Audit Manajemen. Mungkin sudah banyak yang menulis tentang tugas UT di internet tapi taka da salahnya saya ingin berbagi. Siapa tahu dosenya sama jadi bagi sobat yang super duper sibuk dengan pekerjaan sehari-hari (seperti yang saya alami) bisa mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Dengan kata lain bisa dicicil sob.
Oke langsung saja ini dia tugasnya. Silahkan diambil manfaatnya. Jangan disalah gunakan. Oke…
Tugas 1 Audit ManejemenBeberapa pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan audit manajemen fungsi keuangan, yaitu pendekatan komparatif, pemanfaatan keahlian pihak lain, pendekatan statistikal, penggalian informasi yang menyangkut ketaatan dan penggunaan Teori MBO. Coba dijelaskan kelima pendekatan tersebut dan berikan contoh untuk masing-masing pendekatan?
Jawab :
  1. Pendekatan komparatif adalah pendekatan dengan melakukan perbandingan. Perbandingan dalam hal ini bersifat eksternal maupun internal. Perbandingan bersifat eksternal apabila yang menjadi sasaran audit adalah perusahaan secara keseluruhan yang dirasakan kurang dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis dan bergerak dalam industri yang sama dan dipandang meraih keberhasilan. Perbandingan bersifat internal apabila yang dibandingkan adalah salah satu satuan kerja tertentu dalam perusahaan yang dianggap menghadapai masalah dibandingkan dengan satua kerja lainnya yang dianggap berhasil.
Contoh :
Perbandingan eksternal
Suatu perusahaan dapat mengakses laporan hasil audit keuangan dari perusahaan yang go public. Biasanya peerusahaan yang go publik adalah perusahaan yang sudah mumpuni laporan keuangannya. Dengan melihat laporan audit dari perusahaan yang do public dimungkinkan untuk membandingkan laporan audit perusahaan sendiri. Dengan demikian bisa didapatkan informasi mengenai kelemahan-kelemahan perusahaan sendiri.
  1. Pendekatan pemanfaatan phak lain yaitu pelaksana audit manajemen dengan menggunakan informasi dari para ahli. Laporan hasil penelitian yang menyangkut manajemen keuangan juga dapat digunakan sebagai informasi. Manfaat informasi tersebut digunakan untuk menganalisis masalah untuk dicarikan solusi yang efektif.
Contoh : perusahaan produk susu formula mengunakan jasa konsultan untuk melakukan audit manajemen perusahaanya dikarenakan kurangnya tenaga audit manajemen internalnya. Dari jasa konsultan audit manajemen itulah bisa didapatkan informasi guna menyelesaikan masalah-masalh yang dihadapi.
  1. Pendekatan statistikal yaitu pendekatan yang dilakukan dengan meneliti berbagai dokumen tentang fungsi-fungsi yang diaudit dan sepanjang memungkinkan ditransformasikan kedalam angka-angka statistik kemudian ditabulasikan. Pendekatan ini sangat berguna untuk menilai banyaknya kesalahn dan kekurangan yang terjadi.
Contoh : sebuah perusahaan air mineral melakukan audit manajemen di bagian produksi. Dari data-data laporan keuangan/dokumen kegiatan prosuksi, angka-angkanya dalam laporan kegiatan produksi bisa ditransformasikan ke dalam statistik atau tabulasi. Dari kegitan tersebut dapat diketau dengan cepat berapa barang yang bisa diprosuksi perhari, berapa standar deviasi biaya, dan sebagainya.
  1. Pendekatan penggalian informasi yang menyangkut ketaatan yaitu pendekatan yang menuntut organisasi untuk menaati berbagai kebijakan tentang manajemen keuangan yang telah ditetapkan sendiri. Informasi ketaatan ini harus digali oleh pelaksana audit.
  2. Pendekatan penggunaan teori MBO yaitu pendekatan gaya manajerial yang melibatkan para anggota organisasi dalam proses penganbilan keputusan. Audit dimaksudkan untuk menggali informasi apakah gaya ini diterapkan tau tidak dan bagaimana hasilnya.


Itu dulu sob yang bisa saya share…lain kali saya share lagi tugas-tugasnya. Selamat mengerjakan tugas sob. Semoga nilai UAS + tugas-tugasnya dapat nilai yang baik atau sangat baik…amiiiiiin…. J

0 Response to "TUGAS 1 AUDIT MANAJEMEN"

Post a Comment