TUGAS 2 MANAJEMEN PEMASARAN

Tugas Manajemen PemasaranHalo Sobat UT, pada postingan sebelumnya saya share Tugas 1 Audit Manajemen makakali ini saya ingin berbagi tugas dari UT lagi yaitu Tugas 2 Manajemen Pemasaran. Mungkin sudah banyak yang menulis tentang tugas UT di internet tapi taka da salahnya saya ingin berbagi. Siapa tahu dosenya sama jadi bagi sobat yang super duper sibuk dengan pekerjaan sehari-hari (seperti yang saya alami) bisa mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Dengan kata lain bisa dicicil sob.
Oke langsung saja ini dia tugasnya. Silahkan diambil manfaatnya. Jangan disalah gunakan. Oke…


1.     Jelaskan peran daur hidup produk bagi manajer dalam penentuan strategi pemasaran!
Jawab :
ü  Sebagai peringatan bahwa kebijakan promosi, penetapan harga, dan distribusi seharusnya disesuaikan semuanya mencerminkan posisi produk pada kurva tersebut.
ü  Menekankan pentingnya peremajaan lini produk sewaktu-waktu jika memungkinkan atau mengganti dengan penawaran yang lebih menjanjikan.
ü  Memberikan indikasi tentang perkembangan suatu produk yang dapat diterima oleh konsumen.
ü  Mengidentifikasi signifikansi tren penjualan
ü  Memperkirakan sifat persaingan, biaya, dan peluang pasar yang terusberubah
2.     Sebutkan pengertian daur hidup produk . Jelaskan uraian sekilas dari tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, dan penurunan!
Jawab :
Ø  Siklus hidup produk atau Product Life Cycle (PLC), yaitu suatu grafik yang menggambarkan riwayat suatu produk sejak diperkenalkan kepasar sampai dengan ditarik dari pasar.
Ø  Menurut Mc Daniel et al (2008, p.322), daur hidup produk adalah sebuah metafora atau kiasan  biologis yang menelusuri tahap-tahap penerimaan sebuah produk sejak perkenalannya (kelahirannya) sampaipenurunannya (kematiannya).
Ø  Menurut Solomon et al (2008, p.281) mengungkapkan bahwa daur hidup produk adalah sebuah konsep yang menjelaskan bagaimana produk-produk mengalami empat tahap berbeda dari lahir sampai mati:perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, penurunan.
Ø  Tahap perkenalan
Pada tahap perkenalan, pertumbuhan penjualan lambat karena produkbaru saja dikenalkan kepada konsumen. Biaya yang dikeluarkan untukmenjaga keberadaan produk di pasar sangat tinggi sehingga perusahaanbelum memperoleh laba.
Ø  Tahap pertumbuhan
Pasar dengan cepat menerima produk baru sehingga penjualan melonjakdan menghasilkan keuntungan yang besar.
Ø  Tahap kedewasaan
Periode dimana pertumbuhan penjualan mulai menurun karena produksudah dapat diterima oleh sebagian besar konsumen potensial. Jumlahkeuntungan mantap, stabil atau menurun yang disebabkan olehmeningkatnya biaya pemasaran untuk melawan persaingan yang ketat.
Ø  Tahap kemuduran
Dalam tahap ini penjualan menurun dengan tajam diikuti denganmenurunnya keuntungan yang diperoleh perusahaan.

3.     Sebutkan dua hal pokok dari perumusan strategi pemasaran dalam daur hidup produk!
Jawab :
Dua hal pokok dari perumusan strategi pemasaran :
a.     Pasar atau konsumen yang akan dilayani
b.     Bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion)
v  Tahap Perkenalan
1)    Strategi peluncuran, yang meliputi :
Strategi peluncuran cepat (rapid-skimmingstrategy ) merupakan peluncuran produk baru padaharga tinggi dengan tingkat promosi yang tinggi Strategi peluncuran lambat (slow-skimmingstrategy) adalah peluncuran produk baru denganharga tinggi dan sedikit promosi
2)    Strategi penetrasi, yang meliputi:
3)    Strategi penetrasi cepat (rapid-penerationstrategy) merupakan peluncuran produk pada hargarendah dengan biaya promosi yang besar.
4)    Strategi penetrasi lambat (slow-penerationstrategy) merupakan peluncuran produk baru denganharga rendah dan tingkat promosi rendah.
v  Tahap pertumbuhan : Meningkatkan kualitas produk dan menambah keistimewaanproduk baru, mencari segmen baru, mencari salurandistribusi baru, serta melakukan promosi melalui iklan.
v  Tahap kedewasaan:
1)    modifikasi pasar
2)    modifikasi produk
3)    modifikasi bauran pemasaran
v  Tahap kemunduran:
1)    Mencari produk yang lemah
2)    Membangkitkan lagi produk yang lemah tersebut
3)    Meninggalkan produk tersebut

4.     Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi panjangnya perbedaan waktu masing-masing tahap!
Jawab :
*      Siklus pembelian kepada produk tersebut.
*      Tersedianya dana penelitian
*      Kondisi persaingan

5.     Sebutkan strategi yang dapat ditempuh untuk mempertahankan ataumemperluas pasar produk suatu perusahaan!
Jawab :
Ø  Promosi yang lebih agresif
Ø  Menciptakan penggunaan baru
Ø  Mencari pemakai baru produk tersebut

6.     Sebutkan taktik pemasaran dalam daur hidup produk : focus strategis!
Jawab :
ü  Tahap Perkenalan
ü  Keunggulan perintis pasar
ü  Inventor/penemu
ü  Perintis produk
ü  Perintis pasar
ü  Siklus Persaingan
ü  Tahap Pertumbuhan
ü  Meningkatkan kualitas produk dan menambahkan ciri produkyang baru serta gaya yang lebih baik.
ü  Menambahkan model baru dan produk penyerta.
ü  Memasuki segmen pasar baru.
ü  Meningkatkan cakupan distribusinya dan memasuki salurandistribusi baru.
ü  Beralih dari iklan yang membuat orang menyadari produk(product-awareness advertising) ke iklan yang membuat oranglebih memilih produk tertentu ( product-preference advertising).
ü  Menurunkan harga untuk menarik lapisan berikutnya yang terdiridari pembeli yang sensitif terhadap harga.
ü  Tahap Kedewasaan
ü  Modifikasi pasar
ü  Memperluas jumlah pemakai merek melalui:
*       Menarik orang yang bukan pemakai
*       Memasuki segmen pasar baru
*       Memenangkan pelanggan pesaing
ü  Meyakinkan pemakai merek sekarang untukmeningkatkan penggunaan dengan cara:
*       Mencoba membuat pelanggan menggunakanproduk itu lebih sering.
*       Mencoba menarik pemakai untuk menggunakanlebih banyak produk pada tiap peristiwa.
*       Mencoba menemukan penggunaan baru dariproduk.
ü  Modifikasi Produk
ü  Peningkatan kualitas, bertujuan untuk meningkatkankinerja fungsional produk-daya tahan, keandalan,kecepatan, rasa.
ü  Peningkatan keistimewaan, bertujuan untukmenambah keistimewaan baru (seperti ukuran, berat,nahan, kelengkapan tambahan, aksesoris) yangmemperluas keanekaragaman, keamanan, ataukenyamanan produk.
ü  Modifikasi Bauran Pemasaran
ü  Harga
ü  Distribusi
ü  Periklanan
ü  Promosi Penjualan
ü  Penjualan Personal
ü  Pelayanan
ü  Tahap Penurunan
ü  Meningkatkan investasi perusahaan (untuk mendominasi ataumemperkuat posisi persaingannya).
ü  Mempertahankan level investasi perusahaan sampaiketidakpastian tentang industri itu terselesaikan.
ü  Mengurangi level investasi perusahaan secara selektif, denganmelepas kelompok pelanggan yang tidak menguntungkan, sambilmemperkuat investasi perusahaan di tempat-tempat yangmenguntungkan
ü  Menuai (“memerah”) investasi perusahaan untuk memulihkankas secepatnya.
ü  Melepaskan bisnis itu secepatnya dengan menjual asetnyamelaui cara yang paling menguntungkan.

7.     Jelaskan beberapa hal penyebab pertumbuhan yang lambat daritahap perkenalan!
Jawab :
Ø  Tertundanya perluasan kapasitas produksi
Ø  Masalah-masalah teknis
Ø  Terlambatnya distribusi produk ditingkat pengecer akhir
Ø  Sedikitnya konsumen yang mampu membeli (jika harga produk mahal)

8.     Jelaskan hal-hal terkait strategi perkenalan:
Jawab :
a.     Strategi peluncuran lambat (slow-skimmingstrategy) adalah peluncuran produk baru denganharga tinggi dan sedikit promosi
b.     Strategi penetrasi, yang meliputi:
-       Strategi penetrasi cepat (rapid-penerationstrategy) merupakan peluncuran produk pada hargarendah dengan biaya promosi yang besar.
-     Strategi penetrasi lambat (slow-penerationstrategy) merupakan peluncuran produk baru denganharga rendah dan tingkat promosi rendah.

9.     Jelaskan hal-hal terkait strategi pertumbuhan:
Jawab :
a.     Tanda-tanda produk pada tahap pertumbuhan
o    Adanya pesaing baru yang mulai memasuki pasar
o    Perusahaan mulai mengadakan perbaikan terhadapproduknya
o    Harga produk cenderung tetap
o    Kegiatan promosi terutama periklanan dapat dikurangi
o    Penjualan meningkat secara cepat.
b.     Tahap pertama dalam periode pertumbuhanberdasarkan kurva volume penjualan aitu penjualan meningkat dengan tingkat kenaikan yangsemakin besar
c.     Tahapan kedua dalam periode pertumbuhanberdasarkan kurva volume penjualan yaitu penjualan meningkat tetapi tingkat kenaikannyasemakin kecil.
d.     Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan melaluipeningkatan kualitas produk yaitu menambah variansi model atau fitur produk lainnya
e.     Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan denganmencari segmen pasar baru yaitu bila golongan pembeli lain yang selama ini belummengetahui, belum berminat, ataupun belum membeli produktersebut perlu didorong untuk bersedia membeli.
f.      Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan melaluisaluran distribusi baru yaitu memperluas cakupan distribusi sehingga pasarn yang semakin luas.
g.     Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan melaluiperiklanan yaitu periklanan yang dilakukan tidak lagi ditujukan untukmemperkenalkan produknya tetapi ditujukan untuk meyakinkanpembeli bahwa produk perusahaan adalah yang terbaik
h.    Tujuan keputusan tentang penurunan harga dalamtahapper tumbuhan yaitu untuk menguasai pangsa pasar yang luas danmendapatkan laba yang tinggi.
i.      Latar belakang pengambilan keputusan menguasai pasar yaitu jika perusahaan ingin meraij posisi dominan di pasaratau menguasai pasar yang luas maka harus dikeluarkan banyakbiaya untuk perbaikan produk, untuk peningkatan promosi, danuntuk menambah saluran distribusi.
j.        Latar belakang pengambilan keputusan mendapatkanlaba tinggi yaitu bila penguasaan pasar yang luas kurang begitudianggap penting. Laba yang tinggi dapat dicapai denganmenekan biaya serendah-rendahnya termasuk biaya promosi,perbaikan produk maupun perluasan jaringan distribusinya.

10.  Jelaskan hal-hal terkait strategi kedewasaan:
Jawab :
a.     Kondisi tingkat penjualan dan pembelian dalam tahap kedewasaan yang meningkat. Penjualan total meningkat dengan lambat karena sebagian permintaan berasal dari pelanggan atau pembeli lamasedangkan pembeli baru yang datang hanya sedikit.
b.     Kondisi tingkat penjualan dan pembelian dalam tahap kedewasaan yang stabil. Volume penjualan sudah tidak meningkat lagi, tetapi masihdalam kondisi yang konstan karena seluruh permintaan berasaldari pelanggan atau pembeli lama. Jadi sudah tidak ada lagipembeli baru yang datang
c.     Kondisi tingkat penjualan dan pembelian dalam tahap kedewasaan yang menurun. Tingkat penjualan secara absolut mulai menurun karena beberapa pelanggan sudah mulai meninggalkan produk perusahaan dan membeli produk lain dari pesaing termasuk produk pengganti.
d.     Kondisi penjualan dan persaingan dalam taha pkedewasaan yaitu dalam tahap kedewasaan tingkat penjualan mengalamipenurunan sehingga menimbulkan kapasitas lebih dalam industrinya. Namun, kelebihan kapasitas produksi tersebut justrumendorong untuk bersaing secara lebih intensif, misalnyadengan menaikkan anggaran promosi. Tindakan ini diimbaingioleh perusahaan lain dengan meningkatkan riset danpengembangannya. Sampai pada batas tertentu tindakan-tindakan tersebut tidak mendorong kenaikan dalam penjualansehingga laba akan menurun. Pada akhirnya, pesaing-pesaingyang lemah akan jatuh dan industrinya hanya terdiri ataspesaing-pesaing yang kuat.
e.     Alternatif strategi modifikasi pasar meliputi mencari pembeli baru dan segmen pasar baru;menaikkan penggunaan di antara para pelanggan; memperbaikikembali posisi mereknya.
f.      Contoh produk dengan strategi mencari pembeli barudan segmen pasar baru yaitu nilon yang dulunya hanya dipakai untuk parasitsekarang digunakan untuk pakaian
g.     Contoh produk dengan strategi menaikkan penggunaan yaitu obat-obatan seperti aspirin, dalam pembungkusnya tidak hanya disebutkan sebagai obat penyembuh demam tetapi juga sebagai obat masuk angin, pilek dan sakit kepala
h.    Contoh produk dengan strategi memperbaiki kembali posisi merek  misalnya minuman coklat yang semula untuk orang dewasa sekarang juga untuk para remaja dengan merek yang baru.
i.      iAlternatif strategi modifikasi produk meliputi perbaikan kualitas, perbaikan fitur, dan perbaikancorak.
j.        Alternatif strategi bauran pemasaran
v  Menurunkan harga untuk menarik segmen-segmen baru
v  Mengadakan periklanan yang lebih menarik atau promosi lainyang lebih agresif
v  Mengalihkan jalur distribusinya ke saluran distribusi yanglebih menguntungkan atau yang menghasilkan volume penjualanlebih besar.

11.  Jelaskan hal-hal terkait strategi kemunduran:
Jawab :
a.     Beberapa faktor yang mempengaruhi panjangnya tahap kemunduran:
Ø  Perubahan dalam selera konsumen
Ø  Perubahan kegiatan pesaing
Ø  Kebijakan meninggalkan produk oleh perusahaan
b.     Kondisi tingkat penjualan dalam tahap kemunduran. Kondisi penjualan menunjukkan arah yang semakin menurun.Penurunan tersebut berlangsung cepat atau lambat. Denganmenurunnya penjualan, beberapa perusahaan akan terpaksakeluar dari persaingan dan meninggalkan pasar yang ada untuk mencari peluang di bidang lain yang lebih menguntungkan.
c.     Tujuan aktivitas periklanan dalam tahap kemunduran yaitu hanya untuk mengingatkan konsumen bahwa produk tersebut masih tersedia pasar meskupun relatif sangat sedikit jumlahnya.
d.     Strategi pemasaran yang dapat ditempuh dalam tahap kemunduran
Ø  Mencari produk yang lemah
Ø  Membangkitkan lagi produk tersebut
Ø  Meninggalkan produk tersebut
e.     Aktivitas yang dapat dilakukan perusahaan daripencarian produk yang lemah yaitu dengan menyusun suatu sistem informasi yang dapat menemukan produk-produk mana yang benar-benar mengalami masa kemunduran. Sehingga perusahaan perlu membentuk timyang melakukan pemeriksaan periodik pada produknya.
f.      Sistem dan prosedur pemeriksaan produk yang lemah
Ø  Membentuk dan menunjuk sebuah tim untuk mengembangkan sebuah sistem pemeriksaan produk yanglemah
Ø  Tim tersebut mengadakan rapat untuk menentukan tujuan dan prosedur yang berkaitan dengan produk itu
Ø  Bagian keuangan menyusun informasi tentang masing-masing produk selama beberapa tahun, seperti informasi tentang penjualan industri, penjualan perusahaan, biaya perunit, harga per unit dan informasi lain.
Ø  Informasi tersebut dianalisis, bisa menggunakan program komputer, untuk menentukan produk yang paling meragukan
Ø  Produk-produk yang meragukan, setelah didaftar kemudian dilaporkan kepada manajer yang berkepentingan, seperti manajer produk sehingga ia dapat menentukan urut-urutan produk tersebut sesuai dengan tingkat keraguannya.
Ø  Tim audit produk meneliti daftar urutan tersebut dankemudian memberikan saran sebagai berikut: membiarkan saja seperti adanya, memodifikasi strategi pemasarannya atau meninggalkannya.
g.     Cara-cara yang dapat ditempuh dari strategimembangkitkan lagi produk yang lemah
Ø  Meningkatkan upaya-upaya pada variabel bauran pemasaranyang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan laba
Ø  Mengalihkan produk tersebut ke segmen pasar yang baru.
Ø  Menemukan dan mempromosikan penggunaan baru produktersebut kepada pembeli-pembeli yang ada
h.    Contoh strategi membangkitkan produk misalnya jika konsumen merasa puas pada sebuah produktetapi tidak menyukai kemasannya, maka harga dan sistemdistribusi dapat dipakai untuk menyelematkannya.
i.      Strategi yang dapat dilakukan dengan meninggalkanproduk
Ø  Membiarkan saja dan menunggu sampai sampai tidak adapembelinya
Ø  Menjual produk tersebut kepada perusahaan lain dengan caralisensi

j.       Contoh strategi meninggalkan produk yaitu Jika suatu perusahaan ingin membiarkan produktersebut maka akan lebih baik kalau semua kegiatan promosidihentikan. Misalnya lisensi produk elektronik merek X dijual perusahaan lain sehingga namanya berubah atau tetaptergantung kebijakan perusahaan baru.

oke sob mungkin itu aja dulu. tugas selanjutnya segera posting gan
jangan sungkan berkunjung kembali

0 Response to "TUGAS 2 MANAJEMEN PEMASARAN"

Post a Comment