PENGERTIAN MENINGITIS

Meningitis adalah gejala peradangan yang mengenai lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sum-sum tulang belakang yang juga menimbulkan eksudari berupa pus atau serosa yang disebabkan oleh bakteri tau virus. Penyakit ini disebabkan oleh mikroorganisme, kanker, jamur, luka fisik, dan obat obatan tertentu yang dikonsumsi oleh pasien dan parasite yang menyebar ke dalam darah dan melebur ke cairan otak. Penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit serius yang harus segera mendapatkan penanganan, mengingat letak penyakit ini berada di dekat otak dan tulang belakang sehingga dapat menyebabkan kerusakan gerak, pikiran bahkan berujung pada kematian.
Ada dua jenis penyakit meningitis yaitu meningitis viral dan meningitis bakteri. Bakteri yang dapat menyebabkan penyakit meningitis antara lain :
  1. Streptococcus Pneumoniae
Streptococcus Pneumoniae adalah salah satu bakteri penyebab meningitis terbanyak yang menyerang bayi dan anak-anak. Jenis bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi paru-paru, telinga, dan rongga hidung (sinus).
  1. Neisseria Meningitidis
Bakteri jenis ini adalah bakteri kedua terbanyak kedua setelah Streptococcus Pneumoniae yang dapat menyebabkan penyakit meningitis. Bakteri ini menyerang saluran pernafasan bagian atas dan bakteri masuk ke dalam saluran peredaran darah menuju ke otak. Infeksi akibat serangan bakteri ini beresiko tinggi karena dapat menyebabkan kematian hanya dalam jangka waktu 24 jam hingga 48 jam.
  1. Haemophilus Infuenza
Bakteri haemophilus influenza tipe b adalah jenis bakteri yang bisa diatasi dengan pemberian vaksin HIB.
  1. Listeria Monoctygones
Bakteri penyebaba meningitis ini umumnya banyak dijumpai di banyak tempat bahkan ada pada makanan yang telah tercampur dengan bakteri ini. Bakteri listeria ini berasal dari hewan yang dipelihara dan makanan yang memiliki potensi terkontaminasi bakteri dengan jenis listeria seperti keju, hot dog dan sandwich.
  1. Staphylococcus Aureus dan Mycobacterium Tubercolosis
Bakteri penyebab meningitis lainnya adalah Staphylococcus Aureus dan Mycobacterium Tubercolosis yang merupakan salah satu penyebab penyakit TBC.
Tanda dan gejala penyakit meningitis yang umum dikalangan pasien usia remaja dan dewasa adalah leher kaku dan terasa sakit terutama ketika mencoba menempatkan dagui pada bagian dada. Sedangkan gejala lainnya yang mungkin ditimbulkan adalah demam, kejang, muntah, kepala terasa nyeri hingga hilangnya kesadaran. Pada bayi gejala yang diperlihatkan akan sulit dikenali karena pada umumnya mereka belum bisa menunjukka detail ekspresi, hanya saja mungkin bayi menjadi rewel dan tak mau makan, timbulnya ruam yang ketika disentuh akan membuat menangis. Sementara gejala pada anak mirip seperti flu yakni dapat berupa batuk atau kesulitan bernafas.
Penyakit meningitis ini penularannya mudah yang mana penularannya ini bisa disebabkan oleh mikroorganisme. Bakteri, virus, dan jamur. Jika tidak disembukan sejak usia dini maka dikhawatirkan akan mengakibatkan keluhan tubuh yang lebihh fatal, diantaranya tuna ganda seperti lumpuh ataupun gangguan mental. Adapun media yang dapat menjadi bagian dari penularan penyakit meningitis adalah melalui ingus dan cairan ludah saat bersin, tertawa ataupun berbicara. Media lainnya yang bisa menjadi media penularan penyakit meningitis seperti gelas, piring, dan peralaatan makan yang digunakan si penderita. Selain itu handuk dan tisu juga bisa menjadi media penularan.
Ketika gejala-gejala di atas dirasakan, sebaiknya pasien segera mendapatkan penanganan medis oleh dokter. Fungsi lumbal merupakan tes laboratorium yang amat penting untuk mendekteksi penyakit meningitis. Hal ini juga disebut dengan spinal tap.pasien akan diperiksa lebioh dalam dan sampel cairan akan diambil dari dalam tulang belakang dan diuji unutk diperiksa apakah mengandung organisme yang menyebabkan penyakit meningitis.
Beberapa cara untuk mencegah penyakit meningitis antara lain :
  1. Menjaga dan meningkatkan kebersihan
Tranmisi penyakit meningitis ini dapat dicegah dengan meningkatkan tingkat kebersihan diantara orang-orang dengan resikoo infeksi dan diantara mereka yang mungkin menyebarkan penyakit. Hal ini yang paling penting adalah menjaga kebersihan tangan karena tangan adalah media yang paling beresiko untuk menularkan virus dan bakteri. Untuk itu biasakanlah mencuci tanggan dengan menggunakan sabun anti kumandengan air yang mengalir.
  1. Hindari berbagai peralatan
Berbagai peralatan seperti menggunakan piring, gelas, sedotan, handuk dan peralatan lain yang digunakan sama dengan si penderita akan mempermudah penyebaran bakteri meningitis. Oleh karena itu hindari penggunaan peralatan yang baru saja digunakan oleh penderita meningitis,
  1. Tutup hidung dan mulut saat bersin
  2. Konsumsi antibiotik saat sedang bersama-sama dengan orang yang terjangkit virus
Hal ini merupakan pencegahan terhadap bagaimana mudahnya virus meningitis menyebar.

Demikian disimpulkan bahwa penyakit meningitis atau radang selaput otak adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri yang mana dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak jarak yang dekat. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

0 Response to "PENGERTIAN MENINGITIS"

Post a Comment