TUGAS 1 MANAJEMEN RESIKO

Selamat sore sobat UT, berasa udah lama aja ga update artikel (padahal udah berminggu-mingu hehe) karena kesibukan kerjaan admin yang bejibun dan udah mau jatuh tempo. Oke langsung saja tanpa banyak cingcong, jika sebelumnya saya share Tugas 2 Teori Portofolio dan Analisa Investasi maka kali ini saya mau update tentang UT yaitu Tugas 1 Manajemen Resiko UT (Tugas minggu ketiga). Berhubung saya juga kuliah di UT yang merasakan berat sekali membagi waktu antara pekerjaan kantor dan mngerjakan tugas-tugas kuliah. Belum lagi ada kerjaan rumah alias beres-beres rumah hehehe…
Oke sob ane mau share tugas ini dengan harapan bisa membantu tugas-tugas agan-agan sekalian yang jarang memiliki waktu luang untuk mengerjakan tugas. Tapi kalo UAS harus belajar ya sobat UT. O iya tulisan admin ini jangan disalahgunakan ya sob. Gunakan sebaik-baiknya.
Berikut soalnya apabila sama langsung saja dikerjakan.
Coba jelaskan hal berikut ini:
Manajemen resiko
Tugas
  1. Eksposur
  2. Risiko Pasar
  3. Risiko Kredit
  4. Risiko Operasional
  5. Sebutkan 5 arti atau pengertian dari VAR dengan tingkat kepercayaan 95% adalah 100.
Jawab :
  1. Eksposur adalah tingkat kemungkinan terburuk atau tingkat maksimum dari kerugian yang akan dialami jika suatu peristiwa atau transaksi terjadi.
  2. Resiko pasar adalah resiko yang terjadi dari pergerakan harga atau volatilitas harga pasar. Misalnya, harga pasar saham dalam portofolio mengalami penurunan yang mengakibatkan kerugian yang dialami perusahaan.
  3. Resiko kredit adalah resiko karena counter party gagal memenuhi kewajibannya kepada perusahaan. Misalnya, debitur tidak bisa membayar cicilan dan bunga hutang sehingga perusahaan mengalami kerugian.
  4. Resiko operasional adalah resiko kegiatan operasional tidak berjalan lancar dan mengakibatkan kerugian seperti kegagaglan sistem, human error, pengendalaian dan prosedur yang kurang. Misalnya, komputer perusahaan terkena virus sehingga operasi perusahaan terganggu.
  5. VAR dengan tingkat kepercayaan 95% adalah 100 yaitu kemungkinan perusahaan akan memiliki keuntungan per harinya tidak melebihi 100.

Demikian semoga bermanfaat bagi agan-agan UT sekalian dan lulus UT dengan predikat cumlaude amiiinnnnn….(teriak kenceng ehehe).

0 Response to "TUGAS 1 MANAJEMEN RESIKO"

Post a Comment